Tugas ke 4 Bulan November
Masih ada kaitannya nih sama tugas sebelumnya mengenai keunggulan kompetitif :)
udah dubahas ya di Pos sebelumnya nah disini aku mau menjelaskan Softskill apa yang harus dimiliki mahasiswa Gunadarma sehingga memiliki keunggulan kompetitif?keunggulan kompetitif itu kemampuan atau bisa kita sebut dengan softskill yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain, atau dikatakan sebagai interpersonal skills.
Hard skill sangatlah penting untuk dikembangkan, karena kemampuan seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dan benar adalah tergantung bagaimana hard skill yang dia miliki. Tidak mungkin seseorang bisa membuat sebuah alat yang berguna jika dia tidak mengetahui cara pembuatan, tujuan, dan kegunaannya alat tersebut. ataupun tidak mungkin seseorang mampu memperbaiki sesuatu jika dia tidak tuhu apa yang dia perbaiki.
Sebelum melamar sebuah pekerjaanpun seharusnya lulusan perrguruan tinggi (mahasiswa) harus memperhatikan pekerjaan yang akan diterimanya dengan kemampuannya. Membandingkan kemampuan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan adalah hal yang baik. Untuk itu mahasiswa perlu mempersiapkan dirinya dengan mengembangkan hard skill sebagai dasar untuk melamar pekerjaan dan diimbangi dengan soft skill sebagai landasan untuk melakukan pekerjaan. Karena hampir semua perusahaan dewasa ini mensyaratkan adanya kombinasi yang sesuai antara hard skill dan soft skill, apapun posisi karyawannya.
Bagi perekrutan karyawan bagi perusahaan pendekatan hard skill saja kini sudah ditinggalkan. Percuma jika hard skill baik, tetapi soft skillnya buruk. Hal ini bisa dilihat pada iklan-iklan lowongan kerja berbagai perusahaan yang juga mensyaratkan kemampuan soft skill, seperi team work, kemampuan komunikasi, dan interpersonal relationship, dalam job requirementnya. Perusahaan cenderung memilih calon yang memiliki kepribadian lebih baik meskipun hard skillnya lebih rendah. Alasannya adalah memberikan pelatihan ketrampilan jauh lebih mudah daripada pembentukan karakter Hal tersebut menunjukkan bahwa hard skill merupakan faktor penting dalam bekerja, namun keberhasilan seseorang dalam bekerja biasanya lebih ditentukan oleh soft skillnya yang baik.
Dunia kerja saat ini membutuhkan sumber daya yang terampil, sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk mempunyai keahlian hard skill yang tinggi, Hard skill merupakan keahlian bagaimana nilai akhir kuliah mahasiswa/nilai akademis (IPK) mahasiswa ini sebagai persyaratan untuk memenuhi admnistrasi dalam melamar pada suatu perusahaan, selain harus memiliki IPK yang tinggi di era persaingan yang ketat ini juga kita dituntut memiliki soft skill yaitu ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skill) ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skill),
Baik hard skills maupun soft skills merupakan prasyarat kesuksesan seorang sarjana dalam menempuh kehidupan setelah selesai pendidikannya. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa hard skills ditekankan pada aspek kognitif dan keahlian khusus menurut disiplin keilmuan tertentu, sedangkan softskills merupakan perilaku personal dan interpersonal skill yang diperlukan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja seorang manusia.
Nah ini lah berperan penting untuk lulusan perguruan tinggi ketrampilan komunikasi
menurut saya, bekomunikasi sangatlah penting karena itu adalah salah satu skill yang harus kita kuasai
untuk dunia kerja keterampilan komunikasi bagaimana kita berkomunikasi dengan baik pada pimpinan kita,pada client ataupun relasi kerja kita,terampil berkomunikasi ini juga sama dengan bagaimana bertutur kata yang baik dan sopan didepan orang banyak.Terkadang banyak juga orang pintar tetapi tidak bisa menjaga penuturan kata dengan baik nah inilah yang harus dimiliki untuk lulusan perguruan tinggi bahkan semuanya pun harus memiliki skill ini :)
membangun hubungan
hubungan yang baik sangat diinginkan dalam dunia kerja apalagi dengan client,adanya kerjasama antar perusahaan pun harus memiliki hubungan baik dengan perusahaan tersebut.ketrampilan motivasi
motivasi,apa sih motivasi?motivasi itu dorongan ya, hubungan atasan dengan bawahannya bukan hanya kerjasama dalam melakukan pekerjaan tetapi atasan harus memotivasi bawahannya agar bawahannya merasa disegani dalam arti jika ada penyemangat pasti emosional kita juga akan baik, semangat dalam melakukan pekerjaan tersebut,emosional sangat berpengaruh pada pekerjaan yang kita pegang, jika emosional kita baik pekerjaan yang kita hasilkan pun akan baik tetapi jika emosional kita buruk maka akan berpengaruh sekali pada pekerjaan.
ketrampilan kepemimpinan
kepemimpinan atau disebut dengan manajer
skill ini lebih mengarah pada seorang pemimpin perusahaan tanpa adanya skill ini seorang pemimpin tidak akan bisa memanage perusahaannya.
ketrampilan pemasaran diri
dalam dunia kerja atau bisnis juga sangat berperan penting karena keduanya membutuhkan skill tersebut dalam memasarkan produk yang mereka kelola,dalam memasarkan produk tentunya tidak asal memasarkan tetapi ada kiat-kiatnya untuk memasarkan produk dengan baik agar para konsumen tertarik untuk mengkonsumsinya.
ketrampilan presentasi
Nah keterampilan ini pula sangat penting tidak hanya untuk dunia kerja maupun bisnis tetapi untuk para pelajar dan mahasiswa,presentasi depan umum tidaklah mudah karena pasti ada rasa gugup atau malu,sehingga mereka lebih textbook dibandingkan dengan orang yang terbiasa presentasi tanpa textbook.Sebaiknya jika kita ingin pandai dalam berpresentasi atau berbicara didepan umum alangkah baiknya mengikuti seminar-seminar dikampus agar kita mengetahui bagaimana cara berpresentasi dengan baik atau biasakan diri setiap ada kelompok kita berpresentasi agar didunia kerja atau bisnin tidak lagi gugup
Inilah pendapat saya mengenai materi tersebut.
udah dubahas ya di Pos sebelumnya nah disini aku mau menjelaskan Softskill apa yang harus dimiliki mahasiswa Gunadarma sehingga memiliki keunggulan kompetitif?keunggulan kompetitif itu kemampuan atau bisa kita sebut dengan softskill yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain, atau dikatakan sebagai interpersonal skills.
Hard skill sangatlah penting untuk dikembangkan, karena kemampuan seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dan benar adalah tergantung bagaimana hard skill yang dia miliki. Tidak mungkin seseorang bisa membuat sebuah alat yang berguna jika dia tidak mengetahui cara pembuatan, tujuan, dan kegunaannya alat tersebut. ataupun tidak mungkin seseorang mampu memperbaiki sesuatu jika dia tidak tuhu apa yang dia perbaiki.
Sebelum melamar sebuah pekerjaanpun seharusnya lulusan perrguruan tinggi (mahasiswa) harus memperhatikan pekerjaan yang akan diterimanya dengan kemampuannya. Membandingkan kemampuan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan adalah hal yang baik. Untuk itu mahasiswa perlu mempersiapkan dirinya dengan mengembangkan hard skill sebagai dasar untuk melamar pekerjaan dan diimbangi dengan soft skill sebagai landasan untuk melakukan pekerjaan. Karena hampir semua perusahaan dewasa ini mensyaratkan adanya kombinasi yang sesuai antara hard skill dan soft skill, apapun posisi karyawannya.
Bagi perekrutan karyawan bagi perusahaan pendekatan hard skill saja kini sudah ditinggalkan. Percuma jika hard skill baik, tetapi soft skillnya buruk. Hal ini bisa dilihat pada iklan-iklan lowongan kerja berbagai perusahaan yang juga mensyaratkan kemampuan soft skill, seperi team work, kemampuan komunikasi, dan interpersonal relationship, dalam job requirementnya. Perusahaan cenderung memilih calon yang memiliki kepribadian lebih baik meskipun hard skillnya lebih rendah. Alasannya adalah memberikan pelatihan ketrampilan jauh lebih mudah daripada pembentukan karakter Hal tersebut menunjukkan bahwa hard skill merupakan faktor penting dalam bekerja, namun keberhasilan seseorang dalam bekerja biasanya lebih ditentukan oleh soft skillnya yang baik.
Dunia kerja saat ini membutuhkan sumber daya yang terampil, sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk mempunyai keahlian hard skill yang tinggi, Hard skill merupakan keahlian bagaimana nilai akhir kuliah mahasiswa/nilai akademis (IPK) mahasiswa ini sebagai persyaratan untuk memenuhi admnistrasi dalam melamar pada suatu perusahaan, selain harus memiliki IPK yang tinggi di era persaingan yang ketat ini juga kita dituntut memiliki soft skill yaitu ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skill) ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skill),
Baik hard skills maupun soft skills merupakan prasyarat kesuksesan seorang sarjana dalam menempuh kehidupan setelah selesai pendidikannya. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa hard skills ditekankan pada aspek kognitif dan keahlian khusus menurut disiplin keilmuan tertentu, sedangkan softskills merupakan perilaku personal dan interpersonal skill yang diperlukan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja seorang manusia.
Nah ini lah berperan penting untuk lulusan perguruan tinggi ketrampilan komunikasi
menurut saya, bekomunikasi sangatlah penting karena itu adalah salah satu skill yang harus kita kuasai
untuk dunia kerja keterampilan komunikasi bagaimana kita berkomunikasi dengan baik pada pimpinan kita,pada client ataupun relasi kerja kita,terampil berkomunikasi ini juga sama dengan bagaimana bertutur kata yang baik dan sopan didepan orang banyak.Terkadang banyak juga orang pintar tetapi tidak bisa menjaga penuturan kata dengan baik nah inilah yang harus dimiliki untuk lulusan perguruan tinggi bahkan semuanya pun harus memiliki skill ini :)
membangun hubungan
hubungan yang baik sangat diinginkan dalam dunia kerja apalagi dengan client,adanya kerjasama antar perusahaan pun harus memiliki hubungan baik dengan perusahaan tersebut.ketrampilan motivasi
motivasi,apa sih motivasi?motivasi itu dorongan ya, hubungan atasan dengan bawahannya bukan hanya kerjasama dalam melakukan pekerjaan tetapi atasan harus memotivasi bawahannya agar bawahannya merasa disegani dalam arti jika ada penyemangat pasti emosional kita juga akan baik, semangat dalam melakukan pekerjaan tersebut,emosional sangat berpengaruh pada pekerjaan yang kita pegang, jika emosional kita baik pekerjaan yang kita hasilkan pun akan baik tetapi jika emosional kita buruk maka akan berpengaruh sekali pada pekerjaan.
ketrampilan kepemimpinan
kepemimpinan atau disebut dengan manajer
skill ini lebih mengarah pada seorang pemimpin perusahaan tanpa adanya skill ini seorang pemimpin tidak akan bisa memanage perusahaannya.
ketrampilan pemasaran diri
dalam dunia kerja atau bisnis juga sangat berperan penting karena keduanya membutuhkan skill tersebut dalam memasarkan produk yang mereka kelola,dalam memasarkan produk tentunya tidak asal memasarkan tetapi ada kiat-kiatnya untuk memasarkan produk dengan baik agar para konsumen tertarik untuk mengkonsumsinya.
ketrampilan presentasi
Nah keterampilan ini pula sangat penting tidak hanya untuk dunia kerja maupun bisnis tetapi untuk para pelajar dan mahasiswa,presentasi depan umum tidaklah mudah karena pasti ada rasa gugup atau malu,sehingga mereka lebih textbook dibandingkan dengan orang yang terbiasa presentasi tanpa textbook.Sebaiknya jika kita ingin pandai dalam berpresentasi atau berbicara didepan umum alangkah baiknya mengikuti seminar-seminar dikampus agar kita mengetahui bagaimana cara berpresentasi dengan baik atau biasakan diri setiap ada kelompok kita berpresentasi agar didunia kerja atau bisnin tidak lagi gugup
Inilah pendapat saya mengenai materi tersebut.
Komentar
Posting Komentar